Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag Agar Berbuah Lebat

33 views

Cabe rawit merupakan komoditas pertanian yang mempunyai harga cukup fantastis di pasaran. Harga cabe rawit di pasaran juga selalu mengalami perubahan, terutama saat hari besar datang seperti saat hari lebaran. Pada umumnya harga cabe akan melonjak tinggi. Maka dari itu saat ini banyak sekali orang yang mencoba untuk menanam cabe baik untuk konsumsi sendiri ataupun di jual di pasaran sebagai usaha.

Akan tetapi, untuk mereka yang tinggal di perkotaan, kurangnya lahan memang menjadi salah satu kendala untuk menanam cabe. Beruntungnya, hal tersebut bisa diatasi dengan memakai media polybag. Maka dari itu, sebaiknya anda harus paham mengenai cara menanam cabe rawit di polybag hingga bisa berbuah lebat.

Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag Agar Berbuah Lebat

Menanam cabe rawit dengan polybag terbilang mudah dilakukan. Menanam cabe rawit bisa dilakukan di dataran tinggi atau di dataran rendah. Cabe yang cocok ditanam di pekarangan rumah yaitu cabe rawit. Sebab cabe rawit bisa lebih tahan pada iklim tropis dan rasanya yang pedas banyak disukai. Berikut ini cara menanam cabe rawit di polybag.

Presiapan Benih

Umumnya benih cabe rawit tersedia dari jenis cabe hibrida sampai dengan cabe rawit jenis lokal. Sebenarnya, tidak ada perbedaan untuk cara menanam cabe rawit dalam polybag entah itu untuk cabe lokal ataupun hibrida. Akan tetapi untuk jenis cabe hibrida, sebaiknya supaya dirawat dengan menggunakan produk obat-obatan tertentu agar hasilnya bisa menjadi lebih maksimal.

Penyemaian Benih

Proses penyemaian ini tujuannya untuk memisahkan benih yang berpenyakit, cacat, maupun kerdil. Selain itu juga bisa untuk menyeleksi pertumbuhan benih. Kemudian untuk cara menanam cabe rawit di polybag pada tahap ini juga tujuannya untuk menunggu kesiapan benih sampai dinilai cukup tahan jika selanjutnya akan ditanam ke dalam polybag.

Mempersiapkan media tanam

Mengenai media tanam, pilihlah polybag yang ukurannya diatas 30 cm. Tujuannya agar media tanam akan cukup kuat untuk menopang pertumbuhan cabe yang semakin lama bisa semakin rimbun. Cara menanam cabe rawit di polybag bisa dengan memakai media tanam yang asalnya dari campuran kompos, pupuk kandang, tanah, sekam padi, arang sekam,dan lain sebagainya.

Pemindahan benih

Sebelum benih cabe tersebut dipindahkan, terlebih dahulu pastikan jika benih tanaman dan juga media tanam sudah disiapkan. Sebaiknya anda melakukan pemindahan pada saat sore atau pagi hari. Sebab matahari yang tidak begitu terik bisa menghindari stress pada tanaman.

Pemeliharaan

Dalam memelihara cabe agar bisa tumbuh subur dan juga sehat, maka sebaiknya anda melakukan pemupukan yang teratur. Pupuk yang dianjurkan untuk tanaman cabe rawit anda yaitu satu sendok makan pupuk NPK untuk setiap polybag. Yang mana pemupukan tersebut dilakukan setiap sebulan sekali.

Tags: #Cara Menanam Cabe Rawit #Tips Menanam Cabe

Tinggalkan pesan "Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag Agar Berbuah Lebat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Penulis: 
author